Proses Balik Nama Sertifikat Rumah Sesuai Prosedur dan Kebutuhan

Proses Balik Nama Sertifikat Rumah Sesuai Prosedur dan Kebutuhan! Ketika Anda melakukan pembelian rumah yang sebelumnya milik orang lain, proses balik nama perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mendapat legalitas atas kepemilikan hunian tersebut di mata hukum. Tata cara serta biaya yang diperlukan sudah diatur dan ditetapkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan resmi.biaya balik nama sertifikat rumah

Balik nama rumah memiliki biaya proses pengurusan dengan jumlah yang berbeda. Besarnya biaya bergantung pada luas dan lokasinya. Kisaran biaya balik nama untuk rumah perinciannya meliputi untuk jasa PPAT, BPHTB, biaya pendaftaran dan lain sebagainya. Prosesnya bisa terlihat rumit bagi yang belum pernah melakukannya, namun sebenarnya terbilang mudah.

Hal Penting dalam Proses Balik Nama Sertifikat Rumah

Tata cara proses balik nama sertifikat rumah terdapat hal yang harus jadi bahan perhatian. Hal-hal berikut perlu dipastikan sebagai langkah awal, sehingga tidak akan muncul masalah persengketaan nantinya.

Yang pertama ialah memastikan luas serta posisi tanah, kepastian mengenai kondisi fisik tanah adalah objektif. Hal ini membuktikan batas kepemilikan atas tanah, dalam sertifikat tanah terdapat keterangan mengenai keterangan objektif tanah. Keterangan ini berupa detail luas tanah serta letak, batas dan bentuknya. Dengan memastikan hal tersebut tidak akan terjadi persengketaan tanah Anda dengan milik orang lain.

Yang kedua yaitu dengan memastikan status kepemilikan tanah sebelum mendatangi kantor BPN. Status hukum kepemilikan tanah tercatat dalam sertifikat tanah. Sebelum melakukan proses balik nama sertifikat rumah Anda juga harus memastikan sertifikat tanah asli. Hal lainnya yang penting diperhatikan adalah jenis sertifikat yang akan dibalik namakan.

Baca juga: 3 Langkah Prosedur Tepat Cara Membuat Sertifikat Tanah dan Rumah!

Berbagai Proses Balik Nama Sertifikat Rumah Sesuai Kebutuhan

Umumnya pengurusan balik nama sertifikat rumah dapat dilalui dengan dua proses yaitu mengurusnya sendiri atau lewat pihak PPAT. Biaya yang dikeluarkan dalam pembuatannya juga berbeda tergantung cara mana yang Anda pilih. Perihal proses dan persyaratan dalam melakukan balik nama sertifikat rumah tergantung pada kebutuhan, berikut penjelasannya.

Rumah KPR

Proses balik nama sertifikat rumah yang masih KPR terbilang cukup rumit. Dalam proses pengurusannya sebaiknya sertakan pihak bank. Pihak bank akan mengurus dan menanganinya langsung, dengan begitu lebih aman dan lebih memudahkan prosesnya.

Yang harus dilakukan pertama adalah menyiapkan dokumen tanah, salinan identitas penjual dan pembeli, serta bukti pembayaran pajak PPh dan BPHTB. Setelah persyaratan dokumen lengkap Anda tinggal menyerahkannya kepada notaris yang telah ditunjuk bank. Pihak notaris kemudian akan melaksanakan proses pengurusan ke kantor BPN. Waktu yang diperlukan cukup lama yakni bisa sampai berbulan-bulan.

Biasanya biaya balik nama rumah KPR besarnya yakni dua persen dari jumlah transaksi pembelian rumah. Dengan demikian semakin mahal harga pembelian rumah, semakin besar pula biaya proses balik nama sertifikat rumah yang dikeluarkan.

Properti warisan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni membuat surat keterangan hak waris yang biasa disebut SKW. Anda dapat membuatnya di kantor kelurahan tempat rumah tersebut berada. Sebelumnya buat surat pengantar terlebih dulu kepada RT atau RW. Selanjutnya kunjungi kelurahan dengan membawa surat pengantar tersebut. Anda akan diminta mengisi formulir, pihak kelurahan kemudian akan mengurus pembuatan Surat Hak Waris.

Selanjutnya untuk proses balik nama sertifikat rumah Anda harus mengunjungi kantor BPN. Biaya balik nama sertifikat rumah ahli waris dapat berbeda bergantung pada NPOJ tanah yang menjadi warisan. Lama waktu yang dibutuhkan yakni sekitar 5 hari. Anda juga dapat melakukan proses balik nama ini lewat notaris. Pengurusan balik nama sertifikat oleh notaris dapat memakan waktu hingga 1 bulan.

Ganti hak kepemilikan dari suami ke istri

Balik nama sertifikat rumah dari suami ke istri hasil pembagian harta gono gini dapat dilakukan dengan berdasar pada putusan pengadilan. Putusan hakim tersebut memiliki kekuatan hukum tetap. Setelah adanya putusan dari hakim mengenai hak atas tanah atau rumah tersebut, istri selanjutnya bisa datang ke kantor BPN. Untuk selanjutnya melakukan proses balik nama sertifikat rumah.

Persyaratan yang harus dipenuhi yakni KTP milik sendiri dan milik mantan suami, serta akta perceraian. Dokumen-dokumen legalitas tanah dan surat putusan pengadilan juga wajib disertakan. Waktu yang diperlukan sekitar 2 minggu.

Anda dapat menyerahkan proses pengurusan ke pihak notaris apa pun situasi yang Anda miliki dalam hal proses balik nama sertifikat rumah. Untuk biayanya sendiri, biaya balik nama sertifikat rumah lewat notaris berkisar 0,5 sampai 1 persen dari jumlah transaksi jual beli. Jumlah nominal tersebut telah meliputi biaya jasa notaris, biaya balik nama, serta biaya pembuatan akta jual beli.

Jika Anda membeli rumah bekas, pertanyaan yang pasti muncul biaya balik nama rumah ditanggung siapa? Untuk biaya yang ditanggung oleh pembeli antara lain biaya cek sertifikat, BPHTB, biaya AJB yang besarnya satu persen jumlah transaksi. Biaya balik nama juga jadi tanggungan pembeli.

Sementara penjual bertanggung membayar biaya PPh dengan jumlah 2,5 persen dari nilai transaksi. Sedangkan untuk biaya notaris yang mengurus proses balik nama sertifikat rumah, biaya dapat dibagi berdasarkan kesepakatan penjual dan pembeli. Jumlah biaya yang diperlukan untuk notaris dapat berkisar antara 5 juta.

Setelah mengetahui tata cara balik nama untuk properti rumah, penjelasan selanjutnya akan mengenai proses cara balik nama sertifikat tanah. Apa saja persyaratannya dan apakah prosedurnya sama dengan rumah, berikut penjelasannya.

Apabila Anda mengurus proses balik nama sertifikat rumah sendiri dokumen yang perlu dilengkapi ialah surat permohonan balik nama oleh pembeli. AJB yang didapatkan dari PPAT, sertifikat tanah asli, KTP dua belah pihak serta surat pengantar dari PPAT. Anda juga harus menyertakan SPPT PBB.

Jika dokumen sudah lengkap, serahkan ke kantor BPN. Pihak BPN akan memberikan bukti penerimaan permohonan balik nama. Kemudian petugas akan mencoret nama pemilik lama dan menggantinya dengan nama pemilik baru dalam catatan tanah dan sertifikat. Tanda tangan kepala kantor BPN dan tanggal pencatatan perubahan akan diberikan. Proses ini memerlukan waktu sampai dua minggu.

Bisa saja terjadi proses pembelian tanah yang ternyata pemiliknya sudah meninggal. Bagaimana proses balik nama sertifikat rumah atau tanah dilakukan jika pemilik lamanya sudah meninggal? Berikut proses balik nama sertifikat tanah pemilik meninggal.

Pastikan proses jual beli tanah tersebut selesai sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Pihak dari pemilik yang berhak melakukan transaksi jual beli tersebut adalah ahli warisnya. Kemudian sama seperti proses pada umumnya Anda perlu melengkapi berkas untuk permohonan balik nama kepada pihak BPN atau melalui notaris. Lamanya waktu yang dibutuhkan yakni 5 hari hingga satu bulan.

Langkah Pengajuan di BPN

Untuk langkah-langkah mengurusi ini tidaklah terlalu lama. Hanya dibutuhkan sekitar 5 hari kerja dan sertifikat HGB Anda sudah berubah menjadi SHM. Tapi pastikan terlebih dahulu dokumen-dokumen di atas sudah lengkap, agar tidak bolak-balik harus melengkapi dokumen yang diperlukan.

Berapa biaya balik nama rumah 2021?

Lalu berapa biaya balik nama sertifikat rumah tahun 2021? Untuk biaya balik nama sertifikat tanah atau rumah, Kementerian Agraria danTata Ruang telah menentukan rumusnya berdasarkan perhitungan Nilai Pajak Objek Pajak ( NJOP). Nah, sebelum melakukan proses balik nama, silahkan cek terlebih dahulu nilai NJPO melalui NJOP online.

Dikutip CNN Indonesia, berikut rumus biaya balik nama sertifikat tanah:

Nilai tanah (per m2) x luas tanah (m2)/1.000

Sebagai contoh kasus :

Jika nilai tanah Rp500 ribu per m2 dengan luas total keseluruhan tanah mencapai 100 m2, maka kamu dikenakan biaya administrasi sebesar Rp100 ribu.

Jika nilai tanah Rp400 juta maka biaya pengurusan balik nama sertifikatnya mencapai Rp 400 ribu.

Dan seterusnya.

2. Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah Melalui Notaris/PPAT

Ketentuan biaya diatas apabila kamu lakukan sendiri, jika kamu tidak punya waktu dan tidak ingin ribet mengurusnya maka proses balik nama sertifikat rumah bisa di urus melalui Notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Nah, pertanyaannya berapa biayan balik namasertifika rumah jika melalui notaris tersebut?

Berdasarkan penelusuran, proses balik nama melalui jasa tersebut akan dikenai biaya sekitar 0,5 persen hingga 1 persen dari total nilai transaksi.

Berapa lama proses balik nama SHM rumah?

Proses balik nama sertifikat rumah biasa akan memerlukan waktu antara 14 hari sampai 3 bulan. BPN akan melakukan pencoretan nama pemegang hak yang lama dan menggantinya dengan yang baru di buku tanah dan sertifikat tanah.

Tanah dan rumah merupakan properti yang dapat dijadikan investasi karena nilainya yang terus bertambah. Oleh karenanya saat Anda membeli properti tersebut sebagai pihak kedua segera lakukan proses balik nama sertifikat rumah atas nama Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari permasalahan seperti sengketa yang dapat terjadi dikemudian hari.

Related posts