6 Ide Desain Kamar Anak Yang Nyaman dan Menyenangkan

  • Whatsapp

6 Ide Desain Kamar Anak–Memberikan kenangan terindah pada anak-anak merupakan impian bagi semua orang. Tidak saja dengan pendidikan terbaik, namun kenyamanan di rumah akan membuat masa anak-anak menjadi kenangan manis yang patut dikenang setelah dewasa.dekorasi desain kamar anak

Salah satu yang bisa dilakukan orang tua untuk menciptakan rasa nyaman dirumah adalah dengan menghadirkan kamar tidur anak yang benar-benar sesuai dengan karakter si kecil. Menata desain kamar anak membutuhkan banyak sekali pertimbangan dan harus memiliki solusi tepat untuk melengkapi semua kebutuhannya.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi beberapa ide desain kamar anak yang dapat membantu Anda mewujudkan impian kecil mereka:

1. Desain Kamar Anak yang Hobi Bola, Lihat Penampakannya Disini !

Dalam men desain Kamar Anak, Anda sebaiknya tidak sembarangan karena bagaimanapun kamar tersebut akan menjadi kamar pribadi anak yang tidak hanya dimanfaatkan untuk beristirahat tetapi juga untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti bermain, belajar, ataupun membuat berbagai hal yang meningkatkan kreatifitasnya. Kamar anak sebaiknya didesain sesuai dengan minat dan kesenangan anak sehingga bisa menciptakan rasa nyaman terhadap ruangan tersebut.

Salah satu yang bisa menjadi perhatian ketika men desain kamar  anak adalah dengan melihat kesukaan anak bisa dari tokoh kartun favorit, hobi, ataupun lainnya.

Merancang Kamar Anak yang Hobi Bola
Desain Kamar Anak yang Hobi Bola

Dan jika kebetulan anak Anda suka dengan aneka hal yang berhubungan dengan sepak bola serta hobi memainkan olahraga tersebut, Anda bisa merancang sebuah kamar anak bernuansakan bola untuk memberikan kenyamanan lebih optimal bagi anak.

Sebagaimana yang disebutkan di atas, desain kamar anak sedikit banyak akan memberikan pengaruh kepada kenyamanan anak untuk betah dan senang berada di kamar mereka. Bila anak Anda memiliki hobi bola, tak ada salahnya bila Anda Merancang Kamar Anak Anda dengan nuansa bola. Dalam hal ini, titik fokus yang perlu diperhatikan adalah bola, warna hijau sebagai lambang rerumputan lapangan bola ataupun warna lain yang merupakan warna utama untuk klub bola favoritnya, ataupun hal lain yang berkaitan dengan bola.

Untuk bisa menghadirkan desain yang sesuai dengan keinginan anak, Anda sebaiknya juga melibatkan anak untuk berdiskusi dan membicarakan hal-hal yang mereka inginkan. Dari diskusi dan pembicaraan tersebut, Anda akan mengetahui klub bola kesayangannya apa, pemain favoritnya siapa, ataupun lainnya.

Setelah proses diskusi yang membicarakan tentang kesenangan anak terhadap bola, Anda bisa mulai mencari informasi tentang beberapa furniture ataupun perlengakapan lain yang sesuai dengan tema dan konsep yang Anda inginkan.

Bila budget Anda untuk merombak kamar anak secara keseluruhan dengan konsep bola masih terbatas, Anda bisa memulainya dengan cara sederhana seperti membeli sprei set dengan warna dan gambar klub bola favorit. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa aksesoris dan hiasan kamar dengan poster, hiasan bertemakan bola, ataupun lainnya. Anda pun bisa memajang beberapa figure mungil pemain bola favorit dan timnya di rak meja belajarnya untuk memberikan semangat dan motivasi kepada anak untuk lebih giat belajar.

Menghadirkan kamar anak dengan tema dan konsep yang disukai anak bukanlah bentuk untuk memanjakan anak. Ini merupakan salah satu bentuk untuk menunjukkan betapa orang tua ingin anak merasa bahagia dan dihargai atas kesukaan yang disenanginya. Selain itu, desain kamar anak dengan tema khusus seperti bola yang memang disukai anak akan membuat anak merasa lebih nyaman berada di kamarnya sebagai ruang pribadinya untuk beristirahat, belajar, bermain, ataupun melakukan beberapa aktivitas yang mendukung hobinya. Untuk bisa Merancang Kamar Anak yang sesuai dengan hobi dan kesenangannya, membicarakan dan berdiskusi bersama anak sangatlah dibutuhkan.

2. Menempatkan Tempat Belajar pada Kamar Anak

Menempatkan tempat belajar untuk buah hati di kamar tidurnya menjadi sebuah hal yang cukup penting. Dengan penataan setiap perabot dan bagian kamar dengan benar maka buah hati Anda akan merasa nyaman dan senang berada di kamarnya sendiri. Hal tersebut juga akan sangat berdampak baik untuk memacu semangat belajarnya sehingga di sekolah bisa mendapatkan prestasi belajar yang baik.Menempatkan Tempat Belajar pada Kamar Anak

Kamar menjadi salah satu tempat yang sangat ideal untuk belajar karena selain sunyi juga biasanya kamar buah hati di desain sedemikian rupa sesuai dengan keinginannya sehingga hal itu bisa membuatnya untuk bisa lebih fokus dalam memahami setiap bahan pelajaran setiap harinya.

Berikut ada beberapa cara yang baik untuk Menempatkan Tempat Belajar pada Kamar Anak Anda :

• Jika kamar buah hati Anda cukup luas maka Anda bisa meletakkan satu set meja belajar pada bagian tersendiri yang biasanya berada agak jauh dengan tempat tidur agar buah hati tidak tergoda terus untuk tidur.

• Tapi jika kamar yang ada cukup minimalis maka Anda harus meletakkan semua perabotan seperti meja belajar, kursi, tempat tidur atau perlengkapan bermain di bagian yang menempel pada dinding kamar sehingga ruangan akan terasa lebih luas dan lapang.

• Jika ada jendela di kamar maka Anda bisa meletakkan meja dan kursi belajar di depan jendela yang ketika dibuka udara segar akan langsung masuk dan membuat pikiran menjadi lebih fresh.

• Jangan meletakkan terlalu banyak barang di meja belajar buah hati Anda karena akan membuat tempat menjadi sempit. Jika Anda melengkapi kamar dengan computer atau laptop usahakan pisahkan meja dengan rak buku sehingga ada tempat tersendiri untuk belajar secara leluasa.

• Agar lebih serasi Anda bisa menggunakan table set yang memiliki warna senada dengan perabot lainnya di kamar buah hati Anda. Kamar dengan dekorasi yang nyaman akan sangat membantu buah hati untuk lebih niat belajar.

• Jangan tempatkan meja belajar di sudut yang gelap dan sempit karena membuat suasana belajar menjadi tidak nyaman.

Nah, beberapa cara menempatkan meja untuk belajar di kamar buah hati Anda tentu saja menjadi informasi yang berguna apalagi jika buah hati Anda sudah menanjak besar yang memang sudah harus fokus pada pendidikannya untuk masa depan yang lebih cerah. Akan lebih baik jika Anda tidak melengkapi dengan televisi karena bisa mengganggu konsentrasi belajar dan malah cenderung hanya menonton saja.

Dengan kamar yang nyaman dan suasana belajar yang di support penuh oleh orang tuanya, buah hati Anda akan bersemangat untuk meraih prestasi yang setinggi-tingginya di bangku sekolah. Karena itu Menempatkan Tempat Belajar pada Kamar Anak memang harus di atur dengan baik agar tidak malah membuat anak merasa tidak nyaman.

3. Menghadirkan Ruang Bermain di Kamar Anak

Kamar anak tidak hanya berfungsi sebagai ruangan untuk tidur tetapi juga berfungsi sebagai ruang bermain. Beberapa orang tua dengan kondisi ekonomi sangat bagus biasanya akan menyediakan suatu ruangan khusus sebagai ruangan untuk bermain anak. Namun, bila Anda tidak memiliki ruangan lebih yang bisa dijadikan sebagai ruangan bermain anak, Anda bisa menggunakan kamar anak sebagai ruang bermain. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan ruangan kamar anak sedemikian rupa sehingga fungsi-fungsi dari kamar anak tersebut bisa tetap terpenuhi tanpa adanya dengan lebih maksimal.Ruang Bermain di Kamar Anak Yuk Simak Cara Menatanya

Beberapa orang tua mungkin merasa khawatir ketika menempatkan Ruang Bermain di Kamar Anak. Mereka khawatir bila hal ini akan mengganggu waktu tidur ataupun belajar anak. Kekhawatiran ini memang masuk akal dan wajar. Namun di sisi lain, dengan memberikan ruangan bermain di kamar anak, hal ini bisa membantu anak untuk belajar tanggung jawab dan menjaga kepercayaan orang tua. Sebagai orang tua, Anda sebaiknya juga memiliki aturan yang bisa dipahami anak kapan ia boleh bermain, belajar, seta tidur dan hendaknya aturan tersebut bisa diterapkan secara tegas untuk melatih anak lebih disiplin.

Dalam membangun Ruang Bermain di Kamar Anak, Anda bisa memanfaatkan bagian pojok kamar sebagai zona khusus untuk bermain anak. Luas zona bermain ini sebaiknya disesuaikan dengan luas kamar. Meskipun anak-anak dalam fase bermain, ia tentu juga membutuhkan waktu dan ruang untuk belajar. Bila ukuran kamar anak tidak terlalu luas, zona bermain anak tidak perlu diberikan partisi untuk memisahkan antara zona belajar dan tidur dengan zona bermain. Menggunakan pemilihan warna dinding ataupun alas bisa menjadi salah satu cara memisahkan zona permainan di kamar anak.

Anda bisa menempatkan rak dengan beberapa laci dan ruang penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan mainan. Rak atau lemari yang dipilih sebaiknya juga disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak sehingga anak tidak akan kesulitan untuk mengambil dan menyimpan kembali mainan mereka.

Mainan yang Anda siapkan dalam ruang bermain tersebut sebaiknya merupakan mainan kesukaan anak. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menyiapkan beberapa mainan edukatif yang tidak hanya bisa memberikan kesenangan bagi anak tetapi juga bisa menjadi media belajar anak. Anda sebaiknya juga menyediakan space atau ruang khusus yang bisa dijadikan sebagai zona kotor anak. Kebanyakan anak biasanya suka membuat coretan di sekitar mereka.

Aktivitas ini sebaiknya tidak Anda hambat melainkan sebaiknya diberikan suatu wadah yang tepat untuk melatih kreatifitas anak. Anda bis menyiapkan di salah satu dinding sebagai zona untuk mencoret-coret. Anda bisa menyiapkan dinding dengan papan tulis, kertas, atau media lainnya. Alas di zona bermain tersebut sebaiknya dipilih yang nyaman untuk anak serta mudah untuk dibersihkan seperti karpet, puzzle mat, ataupun yang lainnya.

Menyediakan zona bermain di kamar anak bukanlah untuk memanjakan anak. Namun, keberadaan zona bermain ini justru akan membantu anak untuk meningkatkan kreatifitas dan imajinasinya. Jadi, dengan membangun Ruang Bermain di Kamar Anak akan memberikan banyak hal positif yang akan membantu anak dalam menjalani masa tumbuh kembangnya dengan lebih baik.

4. Menempatkan Kamar Mandi Yang Nyaman di Kamar Anak

Kamar mandi merupakan tempat relaksasi tubuh supaya seluruh tubuh kita bersih, untuk itu sebelum membuat kamar mandi maka sebaiknya kita terlebih dahulu merancang dekorasi kamar mandi tersebut, kamar mandi tentunya tak hanya di gunakan oleh orang dewasa saja akan tetapi bisa di gunakan oleh anak – anak, menyesuaikan tema yang sesuai untuk anak tentunya menambah gaya hidup yang bersih untuk mereka, kalau anda mempunyai anak tentunya pendekatan dekorasi terbaik untuk kamar mandi harus kita optimalkan sesuai karakteristik anak tersebut untuk itu tema di dalam kamar mandi harus bisa menyesuaikan dan bisa di multifungsikan misalnya kita memilih rancangan dekorasi kamar mandi dewasa namun bisa cenderung ke tema rancangan Kamar Mandi Anak.

Ide Merancang Desain Kamar Mandi Untuk Anak Terbaru

Bahkan sentuhan yang elegan bisa menyenangkan orang dewasa dan anak – anak, selain itu juga warna dapat mempengaruhi suasana interior kamar mandi, dan jika anda sedang merancang kamar mandi untuk di gunakan anak – anak, mungkin anda bisa mengambil jalan tengah kita bisa memakai dan memanfaatkan bahan material, namun anda bisa bereksplorasi dengan sesuatu yang lainnya, penggunaan dinding yang terang dan cerah mempunyai dampak yang besar dan memberikan suasana ruangan dan juga berlaku untuk peralatan kamar mandi hal ini akan meningkatkan kualitas kamar mandi.

Untuk mendapatkan suasana dan sentuhan yang lucu dan menarik anda bisa menerapkan warna yang ceria dan bisa anda gunakan pemisah ruangan yang bisa memberikan beberapa variasi misalnya dengan menggunakan penutup tirai mandi.

Dalam mendekorasi Kamar Mandi Anak tentunya ada beberapa hal yang harus di perhatikan misalnya seperti keselamatan, kebutuhan mandi anak, dan peralatan kamar mandi, warna kamar mandi semua itu tentunya akan membuat anak merasa menyenangkan ketika saat berada pada kamar mandi tersebut, gunakanlah warna yang sesuai dengan karakteristik anak tersebut atau anda bisa menggunakan motif dinding dengan tokoh kartun kesayangannya atau juga menambahkan gambar poster huruf alfabet atau angka tema yang bisa anda terapkan yaitu seperti pelangi, bintang, bunga dan lain sebagainya. Dan anda bisa menerapkan beberapa hiasan gantung di dalamnya.

Sesuaikan Perlengkapan Mandi untuk Anak dan sesuaikan ukuran misalnya seperti bak mandi, wastafel dan lain – lain hal ini supaya bisa memudahkan anak pada saat beraktifitas di dalam kamar mandi tersebut, karena dalam merancang kamar mandi anak memang cukup mudah asal kita mengetahui apa keinginan anak tersebut gunakanlah ide – ide sederhana yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan anak tersebut, nmerancang dekorasi kamar mandi dengan tepat merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan sebuah kamar mandi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

5. Mengatur Pencahayaan yang Unik pada Kamar Anak

Mengatur Pencahayaan Pada Kamar Anak sebaiknya bisa memenuhi fungsi dan kegunaan kamar tersebut. Kamar ataupun ruang tidur anak tentu tidak hanya difungsikan sebagai tempat untuk beristirahat dan tidur saja, tetapi ada beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan di dalam ruangan tersebut. ruang tidur anak ini juga berfungsi sebagai ruang pribadi dalam melakukan beberapa aktivitas anak seperti belajar, bermain, membaca, ataupun melakukan beberapa hal yang bisa mendukung hobi dan kesenangan anak. Dengan adanya sifat multifungsi pada ruangan anak, Anda sebaiknya juga bisa mengatur tatap cahaya di kamar tersebut dengan sebaik-baiknya untuk bisa memenuhi berbagai fungsi tersebut.Pencahayaan yang Unik pada Kamar Anak Bisakah Diwujudkan Simak di sini Caranya

Lampu utama di kamar anak sebaiknya dipilih lampu dengan cahaya yang terang yang bisa menyinari seluruh ruangan. Pencahayaan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai aktivitas anak di dalam kamar seperti bermain. Dengan lampu yang terang tersebut, konsentrasi dan keamanan anak saat beraktivitas bisa lebih terjaga. Pencahayaan untuk fungsi ini bisa diletakkan di bagian langit-langit kamar sehingga jangkauan cahaya lampu tersebut bisa menyebar dan menyeluruh ke seluruh ruangan. Sedangkan untuk desain lampu yang digunakan bisa disesuaikan dengan konsep ataupun tema yang diaplikasikan pada kamar tersebut sehingga terlihat selaras dan menawan.

Selain lampu di bagian langit-langit, Anda sebaiknya juga menempatkan lampu yang bisa menunjang kegiatan anak dalam belajar, membaca, ataupun lainnya di meja belajarnya. Jenis lampu yang digunakan sebaiknya merupakan lampu dengan cahaya putih untuk bisa mencegah agar mata tidak mudah lelah saat belajar dan membaca. Pencahayaan pada aktivitas belajar dan membaca ini sebaiknya lebih terfokus dan mampu memberikan cahaya di bidang baca. Lampu dengan model stand lamp dengan desain yang sesuai dengan tema ataupun konsep kamar anak akan membuat tampilan lampu tersebut menjadi sangat menarik.

Penataan pencahayaan yang selanjutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan dan fungsi kamar sebagai ruang tidur. Untuk memenuhi fungsi ini, Anda bisa memilih pencahayaan dengan lampu yang redup. Bila anak terbiasa untuk tidur di dalam ruangan yang gelap, Anda bisa memilih lampu dengan model sangat redup dan ditempat tidak dekat dengan tempat tidur anak. Lampu dan pencahayaan ini diperlukan untuk memberikan cahaya bila sesuatu terjadi seperti bila tiba-tiba anak ingin ke kamar mandi ataupun lainnya. Saat ini, ada banyak pilihan desain lampu tidur untuk membuat tampilan kamar anak menjadi lebih unik dan menarik. Salah satunya adalah lampu dengan model proyektor yang bisa memberikan efek redup dengan beberapa ornament seperti di ruang angkasa ataupun motif yang lainnya.

Menata pencahayaan pada kamar atau ruang tidur anak hendaknya tetap memperhatikan fungsi dari kamar tersebut. Melihat fungsi kamar untuk anak yang lebih beragam, Anda sebaiknya juga bisa memilih lampu yang tepat dengan penempatan yang tepat pula. Desain lampu yang unik dan menarik bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai penjual ataupun toko online dan offline yang ada di sekitar Anda. jadi, mewujudkan Pencahayaan Pada Kamar Anak yang unik memang bukan hal yang tidak bisa diwujudkan selama hal ini tetap bisa memenuhi fungsi dan kegunaannya.

6. Warna-Warninya Kamar Anak Agar Semakin Senang

Anda yang ingin membuat Warna Warninya Kamar Anak berpadu dengan baik bisa mengikuti beberapa kiat praktis yang bisa diikuti berikut ini. Seperti kita ketahui, kamar anak mesti memiliki suasana yang cukup bagus untuk mendukung kenyamanan anak-anak selama berada di kamar mereka. Suasana yang menyenangkan ini juga termasuk dipengaruhi oleh bagaimana desain pewarnaan ruangan.

Tak jarang masih banyak yang mengabaikan hal ini. Justru lebih parah lagi ada yang asal saja memberikan hiasan pada kamar anak sehingga menimbulkan kesan tidak apik dan tidak rapi. Lantas, seperti apa beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk membuat nuansa kamar anak menjadi lebih menyenangkan? Simak ulasannya berikut ini.Warna Warninya Kamar Anak Bagaimana supaya Tidak Terlihat Norak Intip Tipsnya di sini

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai pemilihan warna. Warna yang cerah pada dasarnya lebih disarankan supaya memberikan kesan yang enerjik untuk digunakan di ruang anak-anak. Selain itu, warna yang cerah juga mampu menimbulkan kesan menarik yang lebih disukai dengan anak-anak. Anda bisa memilih warna tunggal dengan tingkat kecerahan yang cukup padat untuk memberikan gaya minimalis pada ruang anak-anak. Pilih gaya yang sederhana untuk membuat nuansa cukup luas pada kamar anak-anak nantinya.

Jenis ruangan dengan warna tunggal memang bagus untuk diterapkan karena selain praktis untuk dibuat juga bisa mudah untuk ditambah berbagai macam dekorasi lainnya. Anda bisa mencoba menggunakan trik ini untuk menciptakan kesan ruang yang juga lebih luas dari ukuran aslinya.

Bila Warna Warninya Kamar Anak ingin lebih tampak mencolok, maka ada salah satu cara yang bisa Anda gunakan yaitu dengan memadukan beberapa komposisi warna. Sesuaikan saja dengan tema kamar yang akan Anda gunakan. Jangan segan menggunakan modifikasi warna seperti menggunakan dua atau lebih jenis warna yang bisa dipadukan dengan menarik.

Sebagai contoh, paduan warna hijau terang dengan warna biru muda bisa menjadi pilihan yang apik untuk memberikan kesan alami pada ruangan anak-anak Anda. Anak suka dengan warna yang cerah dan bisa membangkitkan mood untuk betah berlama-lama di dalam ruangan.

Beberapa kiat di atas merupakan tips yang praktis yang bisa Anda coba. Sekali lagi, hindari pemilihan warna dengan sembarangan. Warna dengan kecerahan yang nyaman untuk dilihat serta tidak terlalu kontras dengan kombinasi dekorasi yang ada pada ruangan tentu bisa memberikan kesan interior yang lebih baik. Anda bisa mempelajari beberapa macam kombinasi warna yang tepat untuk membuat ruangan menjadi lebih baik.

Cara ini tentunya bisa digunakan supaya Anda bisa memberikan komposisi warna yang tepat pada ruangan anak Anda. Jangan ragu untuk melibatkan anak serta dalam memilih warna yang mereka sukai. Ini akan membuat mereka lebih senang dengan kamar mereka. Pemilihan Warna Warninya Kamar Anak memang butuh perhatian supaya kamar bisa terlihat menarik dan menyenangkan!.

Itulah seluruh informasi yang dapat kami berikan kepada anda semua mengenai 6 Ide Desain Kamar Anak, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mencari ide merancang dan mendekorasi kamar anak yang nyaman dan menyenangkan. Semoga saja apa yang telah kami berikan pada pertemuan kali ini bisa menambah wawasan anda dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Related posts