Informasi SP3K Bank BTN yang Perlu Diketahui Jika Berniat Membeli Rumah!

  • Whatsapp

Informasi SP3K Bank BTN yang Perlu Diketahui Jika Berniat Membeli Rumah! Dalam proses pembelian rumah, sebenarnya dapat dilakukan secara tunai maupun kredit. Tentunya untuk yang pembeliannya dilakukan secara tunai dapat lebih mudah prosesnya. Namun bagi yang memilih untuk pembelian secara kredit, pengurusannya memiliki tahapan yang lumayan panjang dan perlu waktu.SP3K Bank BTN

Pembelian rumah dengan cara kredit atau yang disebut dengan KPR perlu menindak lanjuti beberapa proses. Proses ini salah satunya harus mengurusi surat penegasan persetujuan untuk penyediaan kredit atau yang disebut dengan SP3K. Dalam pengurusan tersebut tentunya perlu melakukan beberapa proses yang perlu diketahui terlebih dahulu agar lebih paham dan dapat mengestimasikan waktunya dengan baik dan tidak salah informasi.

Lalu, Apa Itu SP3K BTN?

Jika ada niatan untuk membeli rumah dengan cara kredit, tentunya mesti perlu mengenal terlebih dahulu terkait dengan persyaratan dokumen pembeliannya. Dokumen yang diperlukan berupa surat penegasan persetujuan penyediaan untuk kredit atau yang disingkat dengan SP3K. SP3K Bank BTN ini nantinya akan digunakan untuk keperluan proses berjalannya cicilan atau terkait KPR. Termasuk jumlah pinjaman dan rincian cicilannya selama perbulan.

Perlengkapan Dokumen Untuk Pengajuan

Untuk mendapatkan SP3K ini, calon pembeli rumah perlu menyediakan beberapa persyaratan pengajuan kredit kepada Bank BTN. Persyaratan ini dikumpulkan untuk memudahkan proses ke depannya. Karena Bank BTN akan memberikan SP3K jika persyaratan pengajuan kredit calon pembeli telah dipenuhi. Persyaratan tersebut berupa dokumen seperti kartu tanda penduduk, KK, buku nikah, slip gaji, NPWP, salinan rekening tabungan dan SKK.

SP3K Bank BTN juga bisa dijadikan sebagai jaminan jika pembeli memerlukan dana untuk menebus surat hak milik untuk properti atau ambil alih rumah. Sehingga untuk pengajuan ini perlu dipenuhi persyaratannya. Diantaranya yaitu fotokopi KTP, KK, akta nikah, surat hak milik tanah yang rencananya akan ditebus, PBB, hingga IMB (perizinan dalam mendirikan bangunan).

Tahapan Persetujuan

Penyerahan setiap persyaratan dokumen ini selanjutnya akan diperiksa oleh pihak Bank BTN. Pemeriksaannya dilakukan secara mendalam dengan melewati beberapa tahapan. Diantaranya wawancara, survei untuk melihat kecocokan data diri, mulai dari alamat rumah; pekerjaan; hingga referensi keluarga. Selanjutnya, setelah semuanya selesai, pihak Bank BTN akan memberikan keputusan terkait penyerahan SP3K tersebut.

Baca Juga : 3 Langkah Prosedur Tepat Cara Membuat Sertifikat Tanah dan Rumah!

Berapa lama SP3K keluar setelah wawancara?

Masa tunggu penerimaan surat penegasan persetujuan penyediaan untuk kredit adalah maksimal sekitar 2 minggu hingga 1 bulan. Jika lebih dari rentang waktu tersebut, kemungkinan pengajuannya tidak diterima. SP3K Bank BTN sendiri dijadikan bukti secara tertulis jika pengajuan kredit di Bank BTN sudah diterima, sehingga KPRnya pun dapat segera turun dan proses pembeliannya bisa cepat selesai.

Beberapa informasi yang penting terkait dengan permintaan pengajuan KPR diantaranya adalah ada angka pinjaman, jumlah bunga dan waktu serta cicilan yang harus dibayar. Dalam surat ini juga tertulis terkait dengan biaya ketika dan selama proses jual beli. Seperti biaya notaris, administrasi, penilaian serta juga asuransi yang perlu diberikan ke rekening untuk pembuatan KPR.

Surat SP3K ternyata memiliki batas masa berlakunya. Masa berlaku ini perlu diketahui karena proses perjanjian perlu dilakukan selama SP3K Bank BTN masih berlaku. Jika telah melewati masa berlaku, tentunya perlu mengajukan lagi kepada pihak bank. Dan kemungkinan besarnya plafond juga akan turun ketika calom pembeli mengajukan ulang.

Jumlah Penawaran Bank BTN

Setelah proses persetujuan akhirnya selesai, maka Bank BTN selanjutnya akan mengkalkulasi ulang yang didasarkan bada perhitungan suku bunga. Suku bunga ini adalah yang berlaku pada program KPR serta yang biaya yang ada selama prosesnya. Yang harus dijadikan atensi adalah penawaran harga yang diberikan oleh Bank akan berbeda dengan harganya yang asli.

Ini disebabkan karena nilai beli rumah telah ditambahkan dengan kalkulasi kemungkinan kenaikan harga rumah akhir tempo cicilan oleh pihak bank. Selain itu, hal yang perlu diketahui selain SP3K Bank BTN adalah bunga yang dibebankan juga akan bergantung pada suku bunga pasar. Kemungkinan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak bank perlu dipelajari kembali.

Pihak bank akan memberikan informasi secara menyeluruh terkait perubahan harga terbaru besar cicilan yang disesuaikan. Jika rincian ini terasa memberatkan, pembeli bisa menaikkan nilai uang muka yang nantinya ingin diberikan, lamanya cicilan atau dapat juga membayar biaya administrasi secara terpisah. Hal ini sudah bisa membantu meringankan pembeli terhadap beban biaya setiap bulannya. Semua hal tersebut telah cukup membantu pembeli dalam meringankan beban biaya per bulannya.

Tanda Tangan Untuk Kesepakatan Akad Kredit

Selain itu, informasi yang perlu diketahui selain SP3K Bank BTN adalah, dalam proses kesepakatan ini. Kesepakatan ini perlu dilibatkan pemohon yaitu sebagai calon pembeli dan juga pasangan, selain itu pihak perwakilan bank juga. Proses ini perlu dilakukan dihadapan notaris yang telah ditunjuk. Dokumen-dokumen asli perihal rumah akan diberikan kepada pihak pembeli.

Selanjutnya, notaris akan melihat ulang dokumen kepada berbagai pihak. Ketika telah dinyatakan benar, maka notaris akan memberikan surat tanda terima dokumen kepada pihak yang menjual rumah sebagai bukti tertulis yang sah bahwa dokumen telah resmi berpindah kepemilikan.

Informasi yang perlu diketahui selain SP3K Bank BTN adalah otaris pun akan melakukan proses balik nama terhadap semua sertifikat yang berhubungan dengan rumah sebelum diberikan kepada pihak Bank sebagai jaminan hingga masa cicilan pembeli telah berahir. Pihak pembeli juga akan melakukan tanda tangan surat perjanjian dengan Bank terkait detail cicilan dan pasal yang berhubungan dengan pembeli dan pihak bank.

Terakhir adalah, penyerahan kunci rumah. Dengan demikian proses telah selesai. Setelah itu, pembeli perlu memenuhi tanggung jawab terhadap pembayaran rumahnya setiap bulan. Jika terlewatkan selama beberapa waktu, maka pihak bank akan menarik rumah kembali.

Lama Tahapan Pengurusan KPR Bank BTN

Dengan banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi, disertai juga proses dan tahapan yang panjang, tentunya pengurusannya pun memakan waktu yang sangat lama. Dari tahap pengumpulan data persyaratan hingga sampai proses wawancara kemungkinan bisa memakan waktu hingga 6-12 bulan. Dengan memiliki SP3K Bank BTN, kemungkinan besar rumah yang diinginkan akan didapatkan, selanjutnya bergantung ketertiban sang pembeli rumah tersebut.

Demikianlah beberapa informasi mengenai SP3K Bank BTN yang perlu diketahui jika berniat membeli rumah. Pemahaman mengenai SP3K sangat penting sebelum pembeli benar-benar memutuskan untuk membeli rumah secara kredit atau KPR.

Dengan SP3K Bank BTN ini, pembeli akan dijamin mendapatkan pinjaman biaya untuk pembelian rumah serta rincian persyaratan dan biaya yang harus dikeluarkan. Dan juga untuk selalu ketahui batas masa berlaku dari SP3K sendiri agar pembeli tidak perlu membuat ulang SP3K. Karena selain memakan waktu lagi, banyak juga kerugian dan ketidakefektifan dengan membuat ulang SP3K.

Masih bingung atau sedang mengalami kendala terkait pengurusan KPR BTN, segera saja hubungi call center BTN agar petugas bisa segera membantu dan dan memberikan solusi terbaik.

Related posts